Berbagai merek mobil dari berbagai pabrikan yang sudah masuk dan beredar di pasaran Indonesia sejak jaman penjajahan dahulu. Walaupun agak sedih dan miris rasanya karena sampai dengan hari ini belum ada satupun merek dari produk aseli negara kita yang bisa diterima pasar negeri sendiri.
Berikut ini merupakan beberapa merek dan jenis mobil yang berhasil menguasai hati pengguna dan pecinta mobil di Indonesia versi kami, berdasarkan jumlah penjualan, dominasi pasar dan ketahanan merek.
1. TOYOTA KIJANG
Kijang Buaya 1978: Merupakan Produk kendaraan niaga Pertama dari pabrikan Toyota yang akhirnya dikembangkan juga menjadi kendaraan minibus.
Kijang Ceper 1982 : Juga Merupakan Produk kendaraan niaga dari pabrikan Toyota yang
akhirnya dikembangkan juga menjadi kendaraan minibus. Di roduksi sejak awal tahun 1982 sampai dengan 1986.
Kijang Grand: Merupakan generasi ke 3 dari Kijang, dan mengalami beberapa kali face lift dan upgrade dapur mesin untuk mengikuti perkembangan zaman, di produksi hingga 1997, dengan varian, Kijang Super, Super Kijang G, Kijang Grand, Kijang Grand 1.8. Kijang Pick Up dan beberapa varian produksi karoseri seperti Kijang Jantan dan lain-lain.
Kijang Kapsul: Mulai di Produksi pada tahun 1997 dan di produksi dengan waktu yang sangat lama. beberapa varian face lift dan mengusung dua tipe mesin yaitu bensin dan diesel.
Kijang Innova: Meruppakan varian anyar dari Toyota Kijang Mulai diproduksi 2005-an hingga sekarang, produk terbaru telah dilakukan face lift pada bumper depan dan lampu belakang.
2. TOYOTA AVANZA
Toyota Avanza: Adik kandung Kijang yang mulai diproduksi pada tahun 2004 ini merupakan mobil yang sangat menggemparkan dunia otomotif tanah air, konsumen yang menginginkannya bahkan rela indent dan mengantri sampai dengan 1 tahun untuk bisa membawa pulang unit ini pada masa awal rilisnya.
Hingga sekarang Avanza tetap merajai penjualan roda 4 tanah air, dan hanya melakukan 1 kali perubahan tampilan pada grill dan lampu belakang serta penambahan teknologi VVTi pada dapur pacunya. Benar-benar menakjubkan.
3. MITSUBISHI COLT DIESEL
Truk Minibus yang merupakan tulang punggung dari Mitsubishi di Indonesia ini benar benar gak ada matinya ..., mulai dari si- kepala Hijau , si Kepala Kuning yang terkenal dengan tag line Eng - Ing - Eng pada iklan TVC di era 80-an hingga Ragasa dan Fuso yang terus merajai jalanan Indonesia hingga saat ini.
Bisa dibilang Mistubishi Colt Diesel sudah sangat banyak berjasa bagi roda pembangunan negara ini.
4. VOLKS WAGEN BEETLE
Hampir di seluruh sisi dunia mobil yang satu ini fenomenal, dan tentunya sudah banyak artikel yang membahasnya.
5. MITSUBISHI L300
Sama seperti sang kakak Colt Diesel PS, L300 juga termasu fenomenal karena telah bertahan berpuluh-puluh tahun dan bahkan hampir tanpa mengalami perubahan fisik dan jeroan yang berarti bertahan menghadapi persaingan di kelas kendaraan niaga.
Hebatnya, L300 tetap menjadi raja Pick Up dan raja Travel. karena hampir di tiap penjuru tanah air 2 moda transportasi tersebut menggunakan L300 sebagai sebagian besar armadanya.
6. TOYOTA HIACE
Mungkin tidak banyak dari kita yang mengenal merek mobil ini, karena mobil niaga ini sudah berpuluh tahun tidak diproduksi lagi di Indonesia.
Tapi kami yakin bahwa banyak dari kita yang masih sering melihat mobil ini berkeliaran di jalanan, terutama bagi toko - toko material yang mengangkut pasir, koral, batu bata, genteng sampai kayu balok.
Itulah alasan kami melihat Toyota Hiace sebagai mobil yang fenomenal, karena mobil yang hampir tidak pernah di 'anggap' lagi ini ternyata menyimpan 'kekuatan' yang menakjubkan hingga terus di percaya oleh pemiliknya hingga saat ini.
7. TOYOTA LAND CRUISER HARDTOP
Mobil yang lebih dikenal dengan Toyota Hardtop ini memiliki penggemar
berat yang terkadang sampai rela mengeruk koceknya dalam-dalam (baca:
harga yang mahal) untuk mendapatkannnya serta untuk memodifikasinya
habis-habisan. Walaupun sekarang kita sudah jarang melihatnya
berkeliaran di jalan raya mengingat harga BBM tinggi dan konsumsi BBM
yang termasuk boros membuat pemiliknya berpikir ulang untuk menjadikan
Hardtop sebagai kendaraan operasional sehari-hari.